Information Technology Infrastructure (ITIL).(INDIHOME)
1. Service Strategy
Service Strategy memberikan panduan untuk mengimplementasikan ITSM ( IT
Service lManagement ) dan bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sekedar
kemampuan organisasi dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan
TI, tapi juga sebagai sebuah asset strategis bagi sebuah perusahaan. Panduan
ini disajikan dalam bentuk prinsip-pinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan
serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL service
Lifecycle.
2. Service Design
Agar layanan IT dapat memberikan
manfaat kepada pihak bisnis, layanan- layanan IT tersebut harus terlebih dahulu
di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan.Service Design memberikan
panduan kepada organisasi IT untuk dapat secara sistematis dan best
practice mendesain dan membangun layanan IT maupun implementasi ITSM itu
sendiri. Service Design berisi prinsip-prinsip dan metode-metode desain untuk
mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi IT dan bisnis menjadi
portofolio/ koleksi layanan IT.
3. Service Transition
Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi IT untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan IT baik yang baru maupun layanan IT yang dirubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan lifecycle ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy kemuadian dibentuk dalm Service Desain untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.
4.
Service Operation
Service Operation
Service
Operation (SO) adalah salah satu fase dari framework ITIL. Pada
ITILv2, SO dimasukkan dalam kategori service support (lihat gambar dibawah).
Focus pada ITILv2 adalah untuk keselarasan antara IT dan bisnis, dimana dalam
proses managementnya dibagi menjadi dua bagian besar yaitu Service Support dan
Service Delivery. Service support focus pada aktivitas operasi harian
(day-to-day activities), sedangkan Service delivery focus pada perencanaan
service yang akan diberikan kepada pelanggan.
5. Continual Service
Continual Service Improvement (CSI)
memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas
layanan dari proses desain, transisi dan pengorperasianya. CSI mengkombinasikan
berbagai prinsip dan metode sari manajemen kualitas salah satunya adalah Plan
Do Check Act (PDCA) atau yang dikenal sebagai Deming Quality Cycle.
Poses-Proses dari CSI ini meliputi 7 step improvement process.
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA dengan Indihomenya
sudah meenuhi 5 konsep Information Technology Infrastructure (ITIL).
PT. Telkom menerapkan strategi pemasaran yang konprehensif untuk
memperkuat merek dagang serta meningkatkan penjualan perusahaan termasuk
melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi
produk dan layanan. Outlet plasa Telkom merupakan salah satu saluran distribusi
utama produk dan layanannya, disamping beberapa jaringan distribusi layanan
yang dimiliki.
Telkom sebagai
perusahaan penyedia jasa layanan internet dengan produk unggulan terbarunya
yaitu Indihome. Indihome merupakan produk internet yang di luncurkan oleh
Telkom sejak akhir tahun 2014, lebih mengutamakan kalangan rumah tangga sebagai
target sasaran. Oleh karena itu, strategi personal selling yang diterapkan
merupakan strategi yang paling efektif hal tersebut di dukung oleh beberapa
faktor antara lain strategi personal selling PT. Telkom WITEL Yogyakarta
merupakan strategi yang murah meriah karena tidak mengeluarkan biaya apapun. (Service Strategy).
Layanan internet
broadband mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Internet
merupakan media yang digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas. Oleh karena
itu, Telkom berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan IndiHome bagi
pelanggan.
Kualitas layanan
IndiHome terus ditingkatkan dari segala aspek. Pada aspek teknologi, IndiHome
memanfaatkan Indonesia Digital Network yang berbasis teknologi fiber optic,
membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Pelanggan akan semakin
dimanjakan dengan jaringan fiber optic yang mampu menyediakan layanan akses
internet kecepatan tinggi. Kualitas koneksinya pun lebih stabil dan handal,
tidak mudah.
Usaha mewujudkan
komitmen peningkatan kualitas layanan tidak terlepas dari berbagai tantangan,
seperti luasnya wilayah Indonesia dengan topologi yang unik. Tetapi dengan
kerja keras dan inovasi, kualitas layanan yang prima bisa diberikan untuk
pelanggan. Oleh karena itu, Telkom sangat mengharapkan masukkan konstruktif
dari setiap pelanggan agar mereka mendapatkan layanan terbaik dari Telkom,
khususnya layanan IndiHome.(Service Design)
PT Telkom
Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang
bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan
jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah
Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai
oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan
kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Kehadiran PTTA diharapkan
akan mendorong pertumbuhan jaringan akses broadband di Indonesia. Selain
Instalasi jaringan akses broadband, layanan lain yang diberikan oleh PT. Telkom
Akses adalah Network Terminal Equipment (NTE), serta Jasa Pengelolaan Operasi
dan Pemeliharaan (O&M Operation & Maintenance) jaringan Akses Broadband(Service
Transition)
PT Telkom
Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang
bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan
jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah
Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai
oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan
kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Dalam upaya
bertransformasi menjadi digital telecommunication company, TelkomGroup
mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang
berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).
Kehadiran PTTA diharapkan
akan mendorong pertumbuhan jaringan akses broadband di Indonesia. Selain
Instalasi jaringan akses broadband, layanan lain yang diberikan oleh PT. Telkom
Akses adalah Network Terminal Equipment (NTE), serta Jasa Pengelolaan Operasi
dan Pemeliharaan (O&M Operation & Maintenance) jaringan Akses Broadband.
(Service Operation)
PT Telekomunikasi Indonesia
(persero) Tbk yang dulu dikenal dengan nama Speedy berganti nama menjadi
IndiHome yaitu perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan digital berupa
Internet rumah, Telepon rumah dan TV interaktif (UseeTV) yang menggunakan
teknologi fiber optik. (Continual Service)
Referensi/Daftar
Pustaka :
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Digital_HOME
3. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15937/7.%20BAB%20IV.pdf?s
equence=8&isAllowed
4. https://www.liputan6.com/tekno/read/2623438/komitmen-telkom-
meningkatkan-kualitas-layanan-indihome
8. OGC
Office of Government Commerce. 2011. ITIL Continual Service Improvement. UK
10. Husniati
Mafatihus Solehah, Sasongko Pramono Hadi
Magister
Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi,
Universitas Gadjah Mada
Komentar
Posting Komentar