Information Technology Infrastructure (ITIL).(INDIHOME)



1.    Service Strategy
Service Strategy memberikan panduan untuk mengimplementasikan ITSM ( IT Service lManagement ) dan bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sekedar kemampuan organisasi dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI, tapi juga sebagai sebuah asset strategis bagi sebuah perusahaan. Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-pinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL service Lifecycle.
2.    Service Design
Agar layanan IT dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis, layanan- layanan IT tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan.Service Design memberikan panduan kepada organisasi IT untuk dapat  secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan IT maupun implementasi ITSM itu sendiri. Service Design berisi prinsip-prinsip dan metode-metode desain untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi IT dan bisnis menjadi portofolio/ koleksi layanan IT.

3.    Service Transition

Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi IT untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan IT baik yang baru maupun layanan IT yang dirubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan lifecycle ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy kemuadian dibentuk dalm Service Desain untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.
4.       
         Service Operation
Service Operation (SO)  adalah salah satu fase dari framework ITIL. Pada ITILv2, SO dimasukkan dalam kategori service support (lihat gambar dibawah). Focus pada ITILv2 adalah untuk keselarasan antara IT dan bisnis, dimana dalam proses managementnya dibagi menjadi dua bagian besar yaitu Service Support dan Service Delivery. Service support focus pada aktivitas operasi harian (day-to-day activities), sedangkan Service delivery focus pada perencanaan service yang akan diberikan kepada pelanggan.
5.       Continual Service
Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun  serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengorperasianya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode sari manajemen kualitas salah satunya adalah Plan Do Check Act (PDCA) atau yang dikenal sebagai Deming Quality Cycle. Poses-Proses dari CSI ini meliputi 7 step improvement process.

PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA dengan Indihomenya sudah meenuhi 5 konsep Information Technology Infrastructure (ITIL).

PT. Telkom menerapkan strategi pemasaran yang konprehensif untuk memperkuat merek dagang serta meningkatkan penjualan perusahaan termasuk melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan. Outlet plasa Telkom merupakan salah satu saluran distribusi utama produk dan layanannya, disamping beberapa jaringan distribusi layanan yang dimiliki.
Telkom sebagai perusahaan penyedia jasa layanan internet dengan produk unggulan terbarunya yaitu Indihome. Indihome merupakan produk internet yang di luncurkan oleh Telkom sejak akhir tahun 2014, lebih mengutamakan kalangan rumah tangga sebagai target sasaran. Oleh karena itu, strategi personal selling yang diterapkan merupakan strategi yang paling efektif hal tersebut di dukung oleh beberapa faktor antara lain strategi personal selling PT. Telkom WITEL Yogyakarta merupakan strategi yang murah meriah karena tidak mengeluarkan biaya apapun. (Service Strategy).
Layanan internet broadband mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Internet merupakan media yang digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas. Oleh karena itu, Telkom berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan IndiHome bagi pelanggan.
Kualitas layanan IndiHome terus ditingkatkan dari segala aspek. Pada aspek teknologi, IndiHome memanfaatkan Indonesia Digital Network yang berbasis teknologi fiber optic, membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Pelanggan akan semakin dimanjakan dengan jaringan fiber optic yang mampu menyediakan layanan akses internet kecepatan tinggi. Kualitas koneksinya pun lebih stabil dan handal, tidak mudah.
Usaha mewujudkan komitmen peningkatan kualitas layanan tidak terlepas dari berbagai tantangan, seperti luasnya wilayah Indonesia dengan topologi yang unik. Tetapi dengan kerja keras dan inovasi, kualitas layanan yang prima bisa diberikan untuk pelanggan. Oleh karena itu, Telkom sangat mengharapkan masukkan konstruktif dari setiap pelanggan agar mereka mendapatkan layanan terbaik dari Telkom, khususnya layanan IndiHome.(Service Design)
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Kehadiran PTTA diharapkan akan mendorong pertumbuhan jaringan akses broadband di Indonesia. Selain Instalasi jaringan akses broadband, layanan lain yang diberikan oleh PT. Telkom Akses adalah Network Terminal Equipment (NTE), serta Jasa Pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan (O&M Operation & Maintenance) jaringan Akses Broadband(Service Transition)
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Dalam upaya bertransformasi menjadi digital telecommunication company, TelkomGroup mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).
Kehadiran PTTA diharapkan akan mendorong pertumbuhan jaringan akses broadband di Indonesia. Selain Instalasi jaringan akses broadband, layanan lain yang diberikan oleh PT. Telkom Akses adalah Network Terminal Equipment (NTE), serta Jasa Pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan (O&M Operation & Maintenance) jaringan Akses Broadband. (Service Operation)
PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk yang dulu dikenal dengan nama Speedy berganti nama menjadi IndiHome yaitu perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan digital berupa Internet rumah, Telepon rumah dan TV interaktif (UseeTV) yang menggunakan teknologi fiber optik. (Continual Service)

Referensi/Daftar Pustaka :

1.       https://indihome.co.id/
2.     https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Digital_HOME
4.      https://www.liputan6.com/tekno/read/2623438/komitmen-telkom- meningkatkan-kualitas-layanan-indihome
8.       OGC Office of Government Commerce. 2011. ITIL Continual Service Improvement. UK

10.   Husniati Mafatihus Solehah, Sasongko Pramono Hadi
Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada



Komentar

Postingan Populer